RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
............................
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester : VIII / 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 1. memahami permasalahan
sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah
penduduk
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
kondisi fisik wilayah dan penduduk
Alokasi
Waktu : 6 X 40 menit (3x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran,
siswa dapat :
- Menunjukan letak geografis (posisi geografis,
letak geografis) Indonesia
- Menganalisis hubungan posisi geografis
dengan perubahan musim di Indonesia
- Menyajikan informasi tentang arah angin
muson di Indonesia
- Mengidentifikasi penyebab terjadinya
perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim
kemarau di wilayah Indonesia
- Menyajikan informasi persebaran flora
dan fauna tipe Asia, tipe Australia, dan kaitannya dengan pembagian wilayah
Wallance dan Weber
- Mendiskripsikan persebaran jenis tahah
dan pemanfaatannya di Indonesia
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi
Ajar
Kondisi fisik wilayah indonesia
a. latak Indonesia
b. Iklim di Indonesia
c. Wilayah daratan
d. Keanekaragaman hayati
e. Persebaran jenis tanah di Indonesia
C. Metode
Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
1
Materi : Kondisi fisik wilayah indonesia
. latak Indonesia
. Iklim di Indonesia
. Wilayah daratan
a.
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar
siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Letak geografis Indonesia sangat
strategis.
- Indonesia adalah negara kepulauan karena
jumlah pulaunya mencapai 17.508 pulau.
b.
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru meminta siswa
untuk memperhatikan peta
F
guru menjelaskan
posisi geografis dan letak astronomis.
F Guru menjelaskan kaitan letak geografis dengan iklim dan
waktu
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
siswa menyebutkan
letak geografis dan letak astronomi Indonesia
F
Siswa menunjukan
perubahan musim
F
siswa mengamati
peta untuk mendiskripsikan wilayah daratan di Indonesia
F Siswa menyimpulkan penjelasan guru
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 dan 3
Materi : - Keanekaragaman hayati
- Persebaran jenis tanah di Indonesia
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapihan kelas
- Memotivasi kelas agar siap dalam proses
pembelajaran :
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Apasaja flora dan fauna yang ada di
Sumatera?
- Sebutkan jenis tanah di Indonesia
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Informasi flora
di Indonesia bagian barat
F
Guru menanyakan
flora di Indonesia dan dauna Indonesia
F
Guru menjelaskan
jenis tanah di Indonesia
F
Guru menanyakan
jenis tanah di Indonesia serta pemanfaatan berbagai jenis tanah di Indonesia
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Siswa membuat
rangkuman tentang hasil tanya jawab dari penjelasan guru•
F
Siswa merangkum
dari hasil penjelasan guru dan membaca referensi
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Peta Indonesia
_ Atlas
_ Peta pembagian wilayah waktu di
Indonesia.
_ Peta angin muson di Indonesia.
_ Peta pembagian wilayaf flora dan fauna
Indonesia.
_ Peta persebaran jenis tanah di
Indonesia.
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan letak
geografis (letak geografis, letak astronomis) Indonesia.
Ü Menganalisis hubungan
letak geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Mengidentifikasi
penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim
hujan dan musim kemarau di wilayah Indonesia.
Ü Menyajikan informasi
persebaran flora dan fauna tipe Asia,
tipe Australia serta kaitannya dengan
pembagian wilayah Wallacea dan Weber.
Ü Mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia.
|
Tes lisan
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
|
Daftar pertanyaan
Tes Uraian
Tugas rumah
Pilihan ganda
Tugas rumah
|
Ü Sebutkan letak astronomis wilayah
Indonesia?
Ü Jelaskan kaitan letak
geografis dengan perubahan musim di Indonesia.
Ü Buatlah peta pola angin muson
di Indonesia!
Ü Contoh fauna Asiatis antara lain ….
a.
kuskus dan
cendrawasih
b.
badak dan
harimau
c.
banteng dan
komodo
d.
anoa dan
babirusa
Ü Buatlah daftar jenis tanah di
Indonesia dan pemanfaatannya.
|
1. Lembar Pengamatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang diamati
|
Jumlah
|
|||
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Presentasi
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Nilai maksimal
tiap aspek 25 ( 25 x 4 = 100 )
2. Lembar Penilaian Tugas :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang dinilai
|
Jumlah
|
|||
ketepatan
waktu
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Kerapihan
Pekerjaan
|
Esensi
jawaban
|
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Norma Penilaian :
*) Norma Penilaian :
- Aspek Ketepatan Waktu
skor maksimal : 15
- Aspek Kerapihan
pekerjaan : 10
- Aspek Esensi Jawaban skor
maksimal : 75
Jumlah : 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel IPS,
( …………………………………. )
NIP/NIK :
....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar